Senin, Agustus 26Informasi Seputar Dunia Teknologi

Mengetahui Penyebab Overheat Laptop / Komputer dan 6 Cara Mengatasinya

TOP1NFO.COM | Mengetahui Penyebab Overheat Laptop/Komputer dan 6 Cara Mengatasinya – Pada artikel berikut akan membahas mengenai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi laptop / komputer sobat sekalian yang sering overheat. apa itu overheat pada laptop / komputer? Overheat pada laptop/komputer yaitu kelebihan panas yang ditimbulkan dari kinerja perangkat yang diluar kapasitas. Sehingga menimbulkan panas yang berlebih pada perangkat laptop dan komputer.

 
Perangkat laptop dan komputer merupakan peralatan eletronik yang terdiri dari beberapa komponen hardware. Komponen tersebut memiliki kapasitas tersendiri. Dan akan sesuai dengan kemampuannya dalam bekerja. Nah apabila perangkat laptop atau komputer bekerja lebih dari kapasitasnya. Maka akan menyebabkan perangkat bekerja terlalu keras dan dapat menimbulkan panas berlebih atau sering dikenal dengan Overheat.
Kelebihan panas ini apabila terjadi terus-menerus maka akan mendapatkan kerusakan dari beberapa komponen didalam perangkat laptop dan komputer tersebut.
penyebab laptop komputer overheat
 
Seiring dengan berkembangnya teknologi dan kebutuhan akses informasi. Tak jarang bahwa perangkat laptop dan komputer sangat dibutuhkan sampai dengan saat ini. Dan sering juga dijumpai bahwa masih banyak pengguna menggunakan perangkat laptop dan komputer dengan beban kinerja yang melampaui batas. Yang akan sering membuat laptop atau komputer terasa panas berlebih.
 
Overheat (panas berlebih) dapat menyebabkan kerusakan pada Mainboard laptop atau komputer dan bahkan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan inti prosessor dapat terbakar. Nah disini perlu diperhatikan langkah-langkah dalam mengatasi overheat pada perangkat laptop atau komputer yang sobat gunakan sehari hari.
 
Pada umumnya panasnya laptop dan komputer dapat dikarenakan oleh beberapa hal. Antara lain yaitu sirkulasi udara yang diolah oleh kipas pada perangkat sudah tidak maksimal lagi kinerjanya sehingga panas yang berlebih berkumpul di bagian dalam perangkat.

6 cara mengatasi Laptop / komputer Overheat

Berikut ini Cara Mengatasi Komputer atau Laptop Cepat Panas
 

1. Mengganti Fan / Kipas Pendingin Dalam CPU

Yang pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek kondisi kipas pada perangkat. Lihat hembusan angin kipas yang dihasilkan, apabila angin kipas yang dihasilkan masih kuat dan hembusannya kencang maka kipas masih dalam keadaan baik. Dan juga perlu diperhatikan suara dari kipas tersebut apabila bunyinya keras dan berisik ada kemungkinan kipas tersebut dalam keadaan rusak atau ada gangguan.
 
Maka apabila dirasa kipas sudah dalam keadaan rusak maka sebaiknya segeralah mengganti kipas tersebut dengan kipas yang baru sehingga perangkat anda akan selalu terjaga suhu nya dan kelebihan suhu dapat diatasi.  Namun apabila dirasa kipas masih dalam keadaan bagus namun kondisi perangkat masih cepat panas maka ada baiknya sobat sekalian menambah kipas untuk lebih menstabilkan suhu yang panas yang dihasilkan dari kinerja yang berlebih pada perangkat komputer.

2. Membersihkan Komponen Hardware Dalam CPU

Cara dan langkah kedua adalah dengan mengecek kondisi komponen hardware di dalam cpu atau laptop harus dalam keadaan bersih. Mengecek kondisi ini dengan melihat apakah banyak debu yang masuk ke bagian dalam perangkat. Perlu diperhatikan sobat sekalian bahwa debu atau kotoran yang menempel pada komponen hardware perangkat laptop atau komputer dapat menyebabkan dan menghambat kinerja dari perangkat itu sendiri. Debu yang bertumpuk dan melekat akan menyebabkan suhu yang dihasilkan perangkat laptop ketika bekerja tidak dapat keluar dengan baik, oleh sebab itu kebersihan komponen pada perangkat laptop dan komputer perlu dijaga dan terus diperhatikan.

3. Tidak menjalankan program ataupun aplikasi berat

Seperti yang telah dijelaskan di awal tadi. bahwa salah satu penyebab timbulnya panas berlebih pada perangkat laptop atau komputer, yaitu perangkat tersebut menjalankan kinerja diluar kapasitasnya. Maksud nya disini perangkat tersebut dipaksakan menjalankan aplikasi-aplikasi berat yang akan membuat beban pada perangkat tersebut untuk dapat menjalankannya. Mengenai permasalahan ini perlu kiranya sobat sekalian memilih aplikasi aplikasi yang lebih ringan yang dapat dijalankan perangkat ataupun aplikasi yang mampu diakomodir oleh perangkat laptop/komputer Dan perlu juga diperhatikan agar perangkat laptop atau komputer tidak efektif dalam menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan sekaligus.

4. Tidak menggunakan laptop ataupun komputer terlalu lama

Pada poin ini merupakan kebiasaan buruk dari beberapa orang yang menggunakan perangkat laptop atau komputer dalam keadaan lama atau tidak mematikan dengan sempurna perangkat yang dimilikinya. Menggunakan terlalu lama perangkat dan tidak memberikannya waktu istirahat dapat menyebabkan perangkat menjadi lebih cepat rentan rusak.
 
Nah ada baiknya sobat sekalian memperhatikan tersebut sebab dengan tidak meggunakan perangkat secara terus menerus tanpa istirahat akan menyebabkan komponen komponen lama kelamaan akan menjadi lemah kinerja nya sehingga tidak mampu untuk mengatur kestabilan suhu yang dihasilkan ketika proses kerjanya.

5. Gunakan Cooling Pad

Langkah berikutnya yaitu dengan menggunakan Cooling pad. pada dasarnya alat tersebut merupakan teknologi yang dihadirkan untuk membantu menurunkan suhu pada laptop atau benda sejenisnya. Dengan cooling pad, sobat sekalian bisa mengurangi suhu panas pada perangkat laptop sebesar 1 sampai 5 derajat. Bahkan untuk beberapa  tipe yang lebih canggih akan mempunyai kemampuan extra untuk mengurangi panas secara cepat dan lebih dingin. Pada saat ini penggunaan cooling pad sudah sering ditemui dan dilakukan untuk mengatasi laptop cepat panas secara mudah dan efisien.
 

6. Gunakan Software SpeedFun

Setelah beberapa langkah diatas dilakukan ada baiknya langkah terakhir yaitu memantau dan memonitor suhu yang dihasilkan pada perangkat sobat sekalian. Software gratis yang dapat digunakan dengan handal untuk memonitor suhu yang dihasilkan perangkat yaitu dengan menggunakan software speedfan. pada intinya software ini sangat penting utnuk memonitor kondisi perangkat. Selain itu software ini mampu memonitor suhu pada hard drive sobat, suhu CPU, dan suhu internal Laptop sobat sekalian. Namun perlu diperhatikan bahwa software ini tidak dapat bekerja pada beberapa model laptop. nah pastikan perangkat laptop sobat  sekalian bisa menjalankan software ini.

 

Nah demikianlah cara / langkah mengatasi overheat pada perangkat laptop dan komputer yang sobat miliki. 

 

%d blogger menyukai ini: